Cara Mengobati Penyakit Maag

 Pola hidup sehat merupakan cara mengobati penyakit maag yang paling efektif tanpa mengeluarkan biaya mahal. Penyakit maag bisa terjadi kapan saja dan rentan terjadi di semua kalangan. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 7000 kasus yang berkaitan dengan penyakit ini. Di mana 85% dari kasus tersebut adalah kondisi maag yang tidak diketahui penyebabnya. Maag merupakan penyakit yang terjadi pada lambung karena kondisi tertentu. Saat lambung mengalami masalah, tentu akan menyebabkan rasa sakit, nyeri dan panas. Saat tukak lambung terdapat luka terbuka, atau infeksi bakteri bisa memicu kemunculan sakit maag.

Sakit maag dapat disembuhkan dengan mudah namun bisa beresiko tinggi jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, Anda harus mengeahui cara mengobati penyakit maag yang benar dan tepat sesuai prosedur kesehatan. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan jika muncul gejala maag sebelum tambah parah.

Gejala dari Penyakit Maag

Maag sering kali menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada lambung dan ulu hati. Saat kondisi semakin memburuk, akan muncul  gejala mual dan muntah. Sehingga membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas. Gejala tersebut disertai dengan rasa sulit saat menelan yang membuat sistem pencernaan terganggu.

Gejala maag bisa semakin parah jika penderita mengalami stres, terutama pada orang dewasa. Karena stres bisa memperparah penyakit tersebut bahkan menimbulkan komplikasi. Gejala lain ditandai pada area perut yang kembung dan sering bersendawa. Jika gejala tersebut mulai terasa, segera periksa ke dokter sebelum muncul gejala lain yang semakin parah.

Cara mengobati penyakit maag paling utama adalah lakukan pemeriksaan ke dokter setelah gejala dirasakan. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan diagnosis atas kondisi Anda. Sehingga maag bisa diatasi dengan tepat sesuai kondisi dan tingkat keparahannya. Faktor lain yang memicu penyakit maag adalah faktor makanan.

Saat konsumsi makanan tidak teratur dan sembarangan, sistem pencernaan akan mudah terganggu, sehingga memicu rasa panas pada perut bagian atas dan bagian tengah dada setelah makan. Maag juga sering muncul saat asam lambung naik ke kerongkongan karena asupan makanan yang tidak diperhatikan.

Penyebab yang Bisa Memicu Penyakit Maag

Lambung sangat berperan penting dalam sistem pencernaan manusia. Di mana setiap makanan yang masuk dalam mulut akan menuju lambung untuk dicerna. Pencernaan makanan secara kimiawi dibantu dengan renin dan enzim pepssin yang bercampur dengan asam lambung atau HCl.

Penyebab gangguan pada lambung adalah asupan makanan yang tidak diperhatikan. Salah satunya terlalu sering makan makanan pedas yang memicu aam lambung. Jika sudah muncul gejala maag, Cara mengobati penyakit maag tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan pedas, dan perbanyak minum air putih.

Saat lambung mengalami gangguan, bagian mukosa akan mengalami kerusakan. Sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang memicu terjadinya maag. Jika kondisi tersebut sering terjadi, mukosa akan pecah karena asam lambung yang menyebabkan peradangan. Dari peradangan tersebut membuat ujung saraf lebih peka dan nyeri hingga menjadi maag.

Selain makanan pedas, makanan berlemak tinggi juga bisa memicu asam lambung. Oleh karena itu, kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan pedas. Karena mayoritas masyarakat indonesia tidak bisa lepas dari makanan tersebut. Hal ini menjadi tentengan sendiri bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat.

Cara Mengobati Penyakit Maag yang Perlu Anda Ketahui

Pengobatan maag harus disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya. Maag ringan bisa disembuhkan dengan cepat tanpa pengobatan khusus yaitu perubahan pola hidup.

1. Hindari Minuman Beralkohol dan Kafein

Minuman yang mengandung alkohol juga dapat memicu gejala maag. Minuman yang mengandung kafein juga tidak baik untuk penderita maag. Karena dapat mengganggu sistem pencernaan dan memicu penyakit maag. Kafein terdapat dalam kopi dan rokok, sehingga berhentilah merokok.

2. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Cara mengobti penyakit maag adalah menjaga asupan makanan. Penyebab maag salah satunya asam lambung naik karena makanan pedas dan berlemak. Oleh karena itu, kurangi asupan makanan tersebut agar asupan makanan tersebut agar lambung tetap stabil dan normal.

3. Istirahat Cukup dan Olahraga Teratur

Pola hidup sehat tiadk hanya memperbaiki asupan makanan saja. Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat. Waktu tidur yang baik minimal 7 jam setiap malam agar sakit maag bisa mereda. Jangan lupa berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan fit.

Jika maag sudah bertambah parah, maka cara mengobati penyakit maag bisa dilakukan dengan konsumsi obat. Namun, obat yang dikonsumsi harus diresepkan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan. Obat maag yang bisa meredakan sakit dan nyeri diantaranya antagonis reseptor H-2, inhibitor pompa proton dan obat golongan antisida.

Pengobatan dengan Mengubah Gaya Hidup

Selain pengobatan di atas, Anda juga harus mengubah gaya hidup agar maag tidak tumbuh kembali. Meski gejala yang dirasakan masih ringan, segera lakukan pencegahan sebelum maag bertambah parah. Karena penyakit ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, jika Anda melakukan pencegahan yang tepat.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah ubah pola makan Anda. Makanlah dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Pastikan makanan cukup dan tidak berlebihan agar pencernaan tetap normal. Pilihlah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi, jangan mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak.

Mengobati Maag dengan Racikan Herbal

Jika Anda ingin mengobati maag dengan cara herbal, maka gunakan jahe untuk mengurangi asam lambung. Dengan mengkonsumsi teh dari olahan jahe dijamin Anda akan merasa membaik. Cara mengobati penyakit maag ini adalah dengan merebus beberapa potong jahe hingga aroma khas jahe keluar.

Setelah itu jika ingin mengkonsumsinya Anda bisa menambahkan perasa alami seperti gula atau madu. Ramuan alami ini siap untuk dikonsumsi. Namun, selain jahe Anda juga bisa menggunakan madu. Selain sebagai campuran teh jahe ini, ternyata Anda bisa mengkonsumsinya sendiri untuk mengobati maag.

Faktor Resiko Penyakit Maag

Maag bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamn dan usia. Karena penyakit ini berkaitan dengan sistem pencernaan makanan dalam tubuh. Resiko maag akan semakin tinggi jika terjadi masalah emosional, seperti depresi , strees, dan kecemasan. Saat tubuh sedang tidak sehat dan pikiran tidak terkontrol, Helicobactery pylori mudah masuk.

Nah itulah tadi ulasan tencang cara mengobati penyakit maag. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan kita semua diberikan kesehatan.